177-189 APA BOLEH USTADZ SHALAT SEBELUM KHATIB NAIK MIMBAR DI HARI JUMAT🧐🤔😳‼️#shalat #hadist #fiqh
KITAB SHALAT BAB WAKTU-WAKTU SHALAT
177. Dan hukum kedua (larangan shalat ketika matahari tepat berada di tengah tengah) menurut Imam Syafi'i dari hadits Abu Hurairah dengan sanad yang dhaif, beliau memambahkan, "Kecuali hari Jum'at." Hadist ini ada perawi yang lemah yakni Ibrahim bin Yahya dan Ishaq bin abdulah bin abu farwah, jadi tidak bisa digunakan
178. Riwayat Abu Dawud dari Abu Qatadah adalah sama seperti itu.
179. Dari Jubair bin Muth'im رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Wahai Bani Abdi Manaf! Janganlah kalian menghalangi seorang pun untuk thawaf di sekitar rumah ini (Baitullah) dan shalat pada waktu kapan saja yang ia kehendaki baik di waktu malam ataupun siang."' (Diriwayatkan oleh lima orang Imam dan dishahihkan oleh at-Tirmidzi serta Ibnu Hibban). tapi sebaiknya lebih aman diwaktu 3 waktu dilarang sholat pada hadiost no 176
180. Dari Ibnu Umar رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, bahwa Nabi ﷺ bersabda, "Syafaq itu berwarna merah." (Diriwayatkan oleh ad-Daruquthni dan dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, sementara ulama' yang lainnya memauqufkannya pada Ibnu Umar). Syafaq (merah)..matahari tenggelam hanya tinggal merah berarti masuk magrib, dan hilang gelap berarti masuk waktu isya
181. Dari Ibnu Abbas رَضِيَ اللهُ عَنْهُ "Rasulullah ﷺ Bersabda, "Fajar itu ada dua: fajar yang mengharamkan makan (apabila berpuasa-pent.) serta sudah diperbolehkan untuk melaksanakan shalat (Shubuh), dan t'aiar yang masih diharamkan untuk melaksanakan shalat (yokni shalat Shubuh) dan masih dihalakan makan (sohur)."' (Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah serta al-Hakim dan keduanya menshahihkannya).
1. Fajar Khazib cahaya putih horizontal melengkung terang sebentar
2. Fajar Shadiq fajar putih terang terus
182. Sedangkan dalam riwayat al-Hakim dari hadits Jabir adalah sama seperti itu. Namun ada tambahan tentang fajar yang mengharamkan unfuk makan, yaitu, "Bahwa fajar itu memanjang di ufuq," sedangkan fajar yang safunya lagi, "Bahwa ia seperti ekor serigala."
183. Dari Ibnu Mas'ud رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, dia berkata, "Rasulullah ﷺ pernah bersabda 'Amalan yang paling utama adalah shalat pada awal waktu."' (Diriwayatkan oieh at-Tirmidzi serta al-Hakim dan keduanya menshahih- kannya. Hadits ini berasal dari osh-Sh ahihain).
184. Dari Abu Mahdzurah رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, bahwanya Nabi ﷺ bersabda, "Awal waktu adalah keridhaan Allah, pertengahannya adalah rohmat AIIah dan akhirnya adalah ampunan AIIah." (Diriwayatkan oleh ad-Daruquthni dengan sanad sangat dhaif).
185. Sedang dalam riwayat at-Tirmidzi dari hadits lbnu Umar رَضِيَ اللهُ عَنْهُ adalah sama seperti ifu, namun tanpa kata-kata, "Pertengahannya." (Hadits ini dhaif juga).
186. Dari Ibnu Umar رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Tidak ada shalat setelah fajar (tiba) kecuali dua raka'af. " (Diriwayatkan oleh lima orang imam kecuali an-Nasa'i) Dan didalam riwayat Abdur Razaq, "Tidak ada sholat setelah fajar (tiba) kecuali dua raka'at shalat fajar"
187. Dan hadits yang semisal dengan itu adalah hadits riwayat ad- Daruquthni dari Ibnu Amr bin al-'Ash. Zhuhur, karena itu saya shalat dua rako'at sekarang.' Lalu aku bertanya, 'Bolehkah kami mengqadha'nya apabila kami luput dari keduanya?', beliau menjawab, 'Tidak."' (Diriwayatkan oleh Ahmad).
188. Dari Ummu Salamah tdi,;,, dia berkata, "Rasulullah ﷺ pernah shalat Ashar, kemudian beliau masuk ke dalam rumahku, lalu shalat dua rak'aat. Aku pun bertanya kepada beliau tentang hal itu, beliau menjawab, 'Tadi aku sibuk sehinggo tidak sempat mengerjakan dua raka'at setelah.
189. Sedangkan dalam riwayat Abu Dawud dari jalan Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْها, adalah semakna dengan hadits tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar