Selasa, 18 November 2025

410-422 HUKUM SHALAT WITIR, DHUHA, QABLIYAH SUBUH, WUDHU DALAM SAFAR 🧐🤔😳‼️ #witir #dhuha #wudhu

 410-422 HUKUM SHALAT WITIR, DHUHA, QABLIYAH SUBUH, WUDHU DALAM SAFAR 🧐🤔😳‼️ #witir #dhuha #wudhu

KITAB SHALAT BAB SHALAT SUNAH

410. Dari Ubay bin Ka'ab رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dia berkata, "Rasulullah ﷺ shalat witir dengan membaca Sabbihisma Rabbikal A'la, dan Qul yaa Ayyuhal Kaafirun, serta Qul Huwallahu Ahad." (Hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud dan an-Nasa'i. An-Nasa'i menambahkan, "Beliau tidak melakukan salam kecuali pada raka'at terakhir."

411. Sedangkan di dalam riwayat Abu Dawud dan at-Tirmidzi sama juga seperti hadits Ubay bin Ka'ab رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dari Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهَا yang di situ disebutkan, "setiap surat dibaca di dalam setiap raka'at, sedangkan pada raka'at terakhir dibaca Qul huwallahu Ahad dan Al-Mu'awwidzatain (yakni AI Falaq dan An-Naas).

412. "Berwitirlah sebelum tiba waktu Shubuh. " (Hadits riwayat Muslim)

413. Sedang didalam riwayat Ibnu Hibban (dari hadist Abu Sa'id a l-Khudri -pent.) disebutkan, " Barangsiapa y ang mendapatkan waktu Shubuh, namun belum shalat witir, maka tidak ada witir baginya."

414. Dari Abu Sa'id al-Khudri رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Barangsiapa yang ketiduran sampai tidak mengeriakan shalat witir atau lupa mengerjakannya, maka shalatlah ketika telah tiba waktu Shubuh atau ketika ingat."'(Hadits riwayat lima Imam selain an-Nasa'i)

415. Dari Jabir رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Barangsiapa yang khawatir tidak dapat bangun di akhir malam, maka hendaknya ia shalat witir di awal malam. Namun, barangsiapa yang yakin bahwa dia dapat bangun di akhir malam, maka hendaknya ia shalat witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam itu disaksikan, dan hal itu lebih utama."' (Hadits riwayat Muslim)

416. Dari Ibnu Umar رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dari Nabi ﷺ , beliau bersabda, "Apabila telah terbit fajar, maka telah hilanglah waktu shalat malam dan shalat witir. Maka berwitirlah sebelum terbit fajar. " (Hadits riwayat at-Tirmidzi)

417. Dari Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهَا dia berkata, "Rasulullah ﷺ pernah shalat dhuha sebanyak empat raka'at dan menambahkan sesuai yang Allah kehendaki." (Hadits riwayat Muslim)

418. Dan dalam HR Muslim dari Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهَا , bahwasanya dia pernah ditanya, "Apakah Rasulullah ﷺ sering shalat Dhuha?" Aisyah menjawab, "Tidak, biasanya beliau melakukannya setelah pulang dari bepergian.

419. Dan dalam HR Muslim, juga darinya (Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهَا), dia berkata, "Aku tidak pernah melihat Rasulullah ﷺ shalat Dhuha sedikit pun, namun aku mengerjakannya.

420. Dari Zaid bin Arqam رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "shalat orang-orang yang banyak kembali kepada Allah itu dilakukan ketika anak' anak unta mulai kepanasann. " (HR at Tirmidzi)

421. Dari Anas رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak dua belas raka'at, maka AIIah akan membangunkan baginya istana di surga."' (HR at-Tirmidzi dan dia menganggapnya gharib [aneh])

422. Dari Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهُ dia berkata "Rasulullah ﷺ masuk ke rumahku, lalu beliau shalat Dhuha delapan raka'at." (Hadits riwayat lbnu Hibban di dalam Shohih-nya)

 

NOTED:

410 Ubay bin kaab adalah imam sholat,

rasul witir 3 rakaat 1 salam di HR Bauhaqi jilid 3 no 28.

7-11 rakaat 2 tahiyat

410 rakaat 1 ala, 2 al kafirun, 3 al ikhlaas baihaqi ilid 3 p 108,

413 pandangan ulama witir bukan wajib tak perlu di qodha

414 walau shahih tapi matan agak guncang maka gurunda kurang setuju karena witir bukan fardhu

421 dhuha 12 rakaat hadisnya gharib/lemah

422 dhuha 8 rakaat shahih 

PERTANYAAN:

1.Shalat witir untuk yang 5 rakaat apakah bacaan suratnya dikeraskan juga, dan apakah baca surat atau al fatihah saja setelah rakaat 3?

- mengkeraskan/jahr atau mengecilkan/sir untuk al fatihah dan surah untuk jamaah maupun munfarid untuk seluruh shalat

- Seluruh baca surat atau seluruh tidak baca surat sah hukumnya karena bukan termasuk rukun shalat 

- seluruh tahiyat awal sebelum rakaat terakhir untuk witir 7, 9, 11 yakni di rakaat 6, 8, 10 

2. Batasnya waktu shuruq dengan tandanya anak onta kepanasan?disesuaikan pergerakan matahari terbit.

3. Apa ketinggalan qabliyah subuh harus diqadha? tidak ada dalilnya 

4. (pertanyaan mba puspa dari Aussie) Bolehkah menggunakan wudhu QS al Maidah/5:6 (wajah, tangan sampai siku, kepala, kaki sampai mata kaki)?sah 

5. wudhu wanita, kaus tangan harus dibuka dulu, sama usap kepala dijilbabnya atau harus dibuka?dibuka

6. wudhu menurut QS 5:6 basuh kaki hingga mata kaki kalau pakai kaus kaki? sebelumnya sudah dicuci kakinya, basah 1x diusap dipunggung kaki sehari semalam bila tidak safar, kalau safar 3 malam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

629. IBADAH HARUS ITTIBA, SEBENARNYA TAHLILAN ITU ITTIBA GA SIH USTADZ

  629 IBADAH HARUS ITTIBA, SEBENARNYA TAHLILAN ITU ITTIBA GA SIH USTADZ 🧐🤔😳‼️#fiqh #ibadah #tahlilan KITAB ZAKAT 628.  Dari Bahz bin Hak...