601-607 HUKUM MUDIK DAN ZIARAH SEWAKTU IDUL FITRI/ADHA🧐🤔😳 ‼️#fiqh #mudik #ziarah #fiqh #idulfitri
KITAB SHALAT (BAB JENAZAH)
601. Dari Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda, "Mematahkan tulang mayit adalah sama halnya seperti mematahkaniya di waktu hidup." (Hadits riwayat Abu Dawud dengan sanad yang sesuai syarat Muslim)
602. Sedangkan Ibnu Majah menambahkan dari hadits Ummu Salamah, "Dalam hal dosa."
603 Sad bin Abi Waqqas رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, berkata, "Buatkanlah untukku liang lahad. Tegakkanlah di atasnya batu bata, sebagaimana dibuatkan untuk Rasulullah ﷺ.'' (HR. Muslim).
04. Patokan kuburan yang berlebih2an apa batasannya? jangan seperti kuburan orang2 agama lain yang besar, bahkan dibuat seperti kamar diberi kelambu ini terlalu berlebih2an, yang sewajarnya saja, seperti dikasih patok atau diubinkan in masuk ke dalam adat/tradisi, boleh asal jangan berlebih2an
605. Dan di dalam riwayat Muslim dari Jabir رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, "Rasulullah ﷺ melarang mengkapuri kuburan serta duduk dan membuat bangunan di atasnya.
606. Dari Amir bin Rabi'ah رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, bahwasanya Nabi ﷺ menshalatkan jenazah Utsman bin Madh'un dan beliau mendatangi kuburnya lalu menabur tanah diatas kuburannya tiga kali dengan berdiri. (HR. ad-Daruquthni).
607. Dari Utsman رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, dia berkata "Bahwasanya Rasulullah ﷺ apabila selesai menguburkan mayit, beliau berdiri di atasnya sambil bersabda, "Mintakanlah ampun untuk saudaramu dan mohonkan ketetapan hati untuknya, sebab ia sekarang sedang ditanya." (HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh al-Hakim)
NOTE
mematahkan tulang orang yang mati sama saja seperti mematahkan tulang orang yang masih hidup. ..bila orangmengetahui hadist ini bagaimana hasilnya dengan autopsi Bagaimana mayat dipindahkan kuburan, boleh tapi harus hati2, karena mayat tetap merasakan rasul lahir di Mekkah, dan meninggal di Madinah karena beliau ingin meninggal dalam keadaan safar yang besar pahalanya. larangan itu sebenarnya bisa dihindari. 4jji melarang makan dengan tangan kiri, maka seharusnya memang kita bisa melakukan dengan tangan kanan bila taziyah atau berkumpul di kuburan jangan menjelek-jelekan ahli mayit
PERTANYAAN
01. Kuburan dijadikan satu apakah boleh? boleh
02. Mayat yang ditumpuk, apakah jadi satu atau ditimbun tanah dulu ? jadi satu
03. Apa benar ahli ibadah dan ahli maksiat jangan dijadikan satu, atau kuburan muslim dan non muslim harus dipisah? alam barzakh tidak seperti alam dunia
04. Patokan kuburan yang berlebih2an apa batasannya? jangan seperti kuburan orang2 agama lain yang besar, bahkan dibuat seperti kamar diberi kelambu ini terlalu berlebih2an, yang sewajarnya saja, seperti dikasih patok atau diubinkan in masuk ke dalam adat/tradisi, boleh asal jangan berlebih2an
05. Bagaimana dengan ditaburi bunga? ini kreatif orang saja, seharusnya pasir sesuai riwayat Amir bin Rabi'ah رَضِيَ اللهُ عَنْهُ,
06. Ziarah tiap ramadan, bolehkah ? hanya adat saja karena liburan bersama diindonesia memang diwaktu libur lebaran, rasul ke kuburan baqi setiap senin atau kamis
07. Juga kegiatan mudik serentak? apakah ini termasuk tradisi karena libur lebaran yang panjang dan bersamaan, maka sanak keluarga bisa kumpul barengan. rasul juga mudik
08. bagaimana halnya bila kuburan berdekatan & bagaimana halnya dimana kita tidak boleh menduduki kuburan orang lain? diusahakan tidak menduduki kuburan orang ini utk normal.
09. bagiamana halnya bencong utk haji, umroh atau sholat jenazahnya? kembali ke hukum asal dan beban sholat jenazah yang kena hukum bagi yang hidup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar