626 PERTANYAAN SEPUTAR SAFAR DAN SHALAT JAMAK-QASHAR🧐🤔😳‼️ #fiqh #ibadah #zakat #jamak #qasar #safar
KITAB SHALAT (BAB JENAZAH)
626. Dari Muadz bin Jaba رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, bahwasanya Nabi رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, pernah mengutusnya ke Yaman. Beliau memerintahkannya untuk mengambil zakat dari setiap 30 ekor sapi satu tobi' (anak sapi berumur satu tahun lebih yang jantan) atau tabi'ah (fobi'yang betina). Dan dari setiap 40 ekor sapi, satu musinnah (sapi yang berumur dua tahun) dan dari setiap orang yang baligh (Kafir Dzimmi) diambil (pajaknya) satu dinar atau yang sebanding dengan itu dari kain mu'at'iry. (Hadits riwayat lima Imam dan lafazhnya menurut riwayat Ahmad. Hadits ini dihasankan oleh at-Tirmidzi, dia menunjukkan tentang adanya khilaf dalam hal maushulnya hadits ini, namun dishahihkan oleh bnu Hibban dan al-Hakim)
NOTED
ZAKAT SAPI - 30 = 1 anak sapi jantan atau betina umur 1 tahun - 40 = 1 sapi yang berumur 2 tahun
PERTANYAAN
1. Musafir bila sudah samapi di tempat tujuan apakah masih mengerjakan sholat2 sunah seperti dhuha, tahiyat masjid, wudhu, rawatib dll?
buat yang sudah menetap atau tinggal berapa hari silahkan saja buat yang sunah, kecuali qabliyah subuh sebaiknya dilakukan
1. bagi yang safar termasuk umroh dan haji, sampai kapan batas sholat di qashar?
kalau sudah mengetahui bahwa safarnya lebih dari 4 hari maka sampai tujuan sholatnya sempurna karena mengetahui berapa hari dia akan tinggal di tempat tujuan. kecuali tidak diketahui berapa lama tinggal di tempat tujuan maka selama disini sholatnya di qashar
3. Sudah bisa Qashar, startnya dimana dan kapan niat mau pergi durumah mulai qashar apa sampai dibatas kota?
Dimulai kita keluar dari batas desa/kotanya seperti gafura
4. Batas syarat safar ada yang 3 farsakh ada yang 4 barid yang mana yang dipakai?
farsakh = 3 mil = 4,5 km, kalau 4 barid = 80 km mana yang dipakai buat syarat safar. batas tersebut adalah batas akhir, bila di batas kota baru 2 km, sudah dhitung utk niat safar
5. mana yang lebih afdhal sewaktu safar di tengah jalan, apakah sholatnya dikendaraan, dimana sujud dan rukunya pakai syarat, atau berhenti di rest area? bila ada waktu utk sholat sempurna dimana ruku dan sujudnya sempurna maka yang afdhal adalah yang ruku dan sujudnya sempurna.
6. Dalam safar diketahui bahwa kita tidak akan turun di waktu ashar, apakah kita sholat dhuhur dan ashar qashar jamak qashar dalam mobil di awal waktu karena umur tidak ada yang tahu atau kita niat akan mengerjakan jamak takhir diwaktu ashar?
yang afdal jamak takhir diwaktu ashar apabila umur tidak ada yang tahu, takut tidak sholat dhuhur, maka niat jamak takhir itu telah mewakili apabila kita ternyata meninggal tapi belum sholat dhuhur.
Analoginya seperti niat mayit mengucapkan tahlil baru La Illa (tidak ada tuhan) keburu meninggal namun niatnya telah mendahului catatan amal, maka insya allah tercatat meninggal dalam keadaan membaca tahlil.
1. Apakah setiap jamaah harus adzan, walaupun utk jamaah kedua analoginya dari hadist bilalnya adzan utk subuh yang kesiangan?
hadist tersebut rasul dan para sahabat berada di lembah yang tidak ada manusia untuk azan, kalau seperti sekrang ada adzan dimana-mana, maka Rasul memerintahkan Bilal adzan walau matahari telah tinggi. Kecuali di negara tidak ada muslimnya maka perlu ada adzan, tapi bila ada masjid yang selalu dikumandangkan azan maka tidak perlu adzan di setiap sholat jamaah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar