Senin, 24 November 2025

465-470 HUKUM UMROH KARENA SAFAR MAKA SHOLAT FARDHUNYA DIQASHAR ‼️ #shalat #fiqh #ibadah

465-470 HUKUM UMROH KARENA SAFAR MAKA SHOLAT FARDHUNYA DIQASHAR ‼️ #shalat #fiqh #ibadah


KITAB SHALAT (BAB SHALAT MUSAFIR DAN ORANG YANG SAKIT) 

 

465. Dari Mu'adz, رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, dia berkata, "Kami pernah keluar bersama Nabi ﷺ ketika peperangan Tabuk, beliau shalat Zhuhur dan Ashar dengan jamak serta shalat Maghrib dan isya' juga dengan dijamak." (Hadits riwayat Muslim)

466. Dari lbnu Abbas رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda 'Janganlah kalian mengqashar shalat (didalam perjalanan yang jauhnya pent.) kurang dari 4 barid, yaitu dari Makkah ke Usfan " (Hadits riwayat ad-Daruquthni dengan sanad yang DHAIF, yang benar hadits tersebut adalah mauquf', seperti itulah Ibnu Khuzaimah meriwayatkannya)

467. Dari Jabir رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Sebaik-baik umatku adalah mereka yang apabila melakukan kesalahan, mereka beristight'ar dan apabila mereka melakukan perialanan, mereka mengqashar (shalat) serta berbuka (membatalkan) puasa." (Diriwayatkan oleh athThabrani di dalam Al-Ausath dengan sanad yang dhaif, hadits tersebut terdapat di dalam Mursal So'id bin Al-Musayyab menurut riwayat alBaihaqi secara ringkas.)

468. Dari Imran bin Hushain رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, dia berkata, "Aku terkena bawasir. Akupun menanyakan kepada Nabi ﷺ tentang shalat (apabila terkena penyakit bawasir). Maka beliau menjawab, 'Shalatloh sambil berdiri, apabila tidak mampu, maka sambil duduk, apabila tidak mampu juga, maka sholatlah sambil berbaring."'(Hadits riwayat al-Bukhari)

 

 

 

 

NOTE

1. No. hadist 466 syarat qashar 4 barid. 1 barid = 20km, 4 barid = 80 km...dalil ini DHAIF, maka kembali 3 farsakh. 1 farsakh 1.5km maka 3 farsakh 4.5km sebagai syarat safar, dan mulai dihitung dari batas kota.

2. No. Hadist 467. MURSAL=DHAIF mursal ada haadist yang terputus dari thabi'in langsung rasulullah tidak melewati sahabat. tapi ada matan yang diterima apabila bersalah maka beristigfar sesuai Q.S Al-Imran 133

3. Peringkat hadist

- shahih di matan dan sanad = dipakai

- shahih di matan lemah di sanad = boleh dipakai

- shahih di sanad lemah di matan = tidak dipakai

- lemah di matan dan sanad = tidak dipakai

4. ibadah semampunya tapi jangan membuat sesuatu yang baru dalam ibadah tidak bisa berdiri bisa duduk, berbaring, gerakan mata, hingga hati, bisa dijamak juga diringkas, bahkan matipun masih dishalatkan

5. kalau di Alquran ada perintah maka hukumnya wajib.

contoh wudhu hanya 4 QS Al Maidah 5:6 (wajah, tangan, kepala, kaki) anggota , bila ada tambahan di hadist maka yang tambahan dihadis hukumnya sunah

6. beda hukumnya dengan makanan haram untuk hewan seperti BABI di QS Al Baqarah 2:173, Al Maidah 5:3, Al An'am 6:145 dan Nahl 16:115, maka bila ada tambahan di dalam hadis maka jatuhnya hanya makruh

 

PERTANYAAN

1. Kalau sholat tidak boleh tempat sujudnya tebal? tidak juga yang penting tangan dan kaki waktu sujud sejajar, seperti kasur tipis atau kasur keras. Malah sebaiknya sujud tanpa lapisan atau lebih baik langsung sujud diatas bumi.

2. Tidur miring bagi yang sakit apakah boleh? boleh

3. Pertanyaan pak Farid seoran pengusaha perikanan/peternakan/tumbuhan apakah boleh memberikan kepada ternak atau tumbuhannya pupuk kandang seperti kotoran?Halal QS.Al Baqarah 2: 173 Al Maidah ayat 3, Al An'am ayat 6:145 An Nahl 5:115 dan bangkai, darah, babi, dan binatang yang disembelih tanpa menyebut nama Allah, bahkan binatang yang disebut namanya cuma BABI. Jadi halal ikan lele yang mana lelenya makan bangkai. Apakah boleh nambahin 1 yang diharamkan diluar Qur'an = tidak boleh walau sekelas Rasulullah At Tahrim (ditegurnya Rasulullaholeh Allah langsung karena mengharamkan madu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

629. IBADAH HARUS ITTIBA, SEBENARNYA TAHLILAN ITU ITTIBA GA SIH USTADZ

  629 IBADAH HARUS ITTIBA, SEBENARNYA TAHLILAN ITU ITTIBA GA SIH USTADZ 🧐🤔😳‼️#fiqh #ibadah #tahlilan KITAB ZAKAT 628.  Dari Bahz bin Hak...